English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Rabu, 11 April 2012

Etika Dalam Bercanda

Didalam kehidupan sehari – hari bercanda itu merupakan hal yang lumrah yang sering sekali kita lakukan, mungkin pada saat berbicara, bermain, dan lain sebagainya. Terkadang bercanda sudah menjadi semacam bumbu dalam pembicaraan. Namun terkadang kita mendengar dan melihat seseorang yang berlebihan dalam bercanda. Mungkin bercanda melalui kata – kata yang dilontarkannya, atau bisa juga bercanda dari tingkah lakunya.

Bercanda sih boleh, tetapi kita juga harus punya batasan didalam bercanda. Kita juga harus melihat dengan siapa kita bercanda. Karena tidak semua orang yang mengerti maksud dan tujuan kita, bisa saja kita yang niatnya hanya bercanda, tetapi orang lain mengartikannya berbeda, dan menyebabkan dia tersinggung.



Didalam bercanda sebaiknya tidak mengandung unsur menyakiti perasaan salah seorang di antara manusia. Dan juga tidak mengandung nama Allah, ayat-ayat-Nya, Sunnah rasul-Nya atau syi`ar-syi`ar Islam.

Karena itulah didalam bercanda pun kita harus mempunyai etika. Akankah lebih baik jika bercanda kita lakukan untuk hal – hal yang lebih positif. Misalnya untuk menghibur teman atau saudara yang sedang bersedih, dan masih banyak lagi lainnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saran aja, belajarlah untuk tidak menghiraukan apa kata orang, hidup ini ga selalu indah, kalo takut tersinggung dirumah aja, jangan bersosialisasi.

ElinsRefiza ;) on 3 Desember 2014 17.33 mengatakan...

lalallala

How to make egg white mask on 2 Agustus 2015 20.19 mengatakan...

Hallo mba anggie... salam kenal ya
The Health Is Important


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post