English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 09 Oktober 2010

Wisata Budaya di Galeri Batik Indonesia


Satu tahun sudah Organisasi PBB untuk Pendidikan, Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Bagaimana sesungguhnya ragam batik Indonesia? Dan di mana mendapatkan koleksinya?

Berawal dari pertanyaan-pertanyaan itulah Yayasan Batik Indonesia mendirikan Galeri Batik di kompleks Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta Barat. Tempat itu diharapkan menjadi cikal bakal Museum Batik Nasional.

Galeri Batik menghadirkan sejarah batik dan memperagakan koleksi batik Nusantara. Galeri seluas 405 meter persegi itu terdiri atas sembilan ruangan yang menyimpan 600 koleksi batik kuno, antik, dan langka, dari sembilan provinsi di Indonesia.
Display koleksi di galeri itu pun diperbaharui setiap empat hingga enam bulan sekali, sehingga Anda tidak akan bosan untuk terus berkunjung. Saat ini, koleksi utama yang dipamerkan adalah batik Belanda koleksi Santoso Dolah dari Danar Hadi Solo.

Bukan hanya dikunjungi pelancong dari dalam negeri, galeri itu juga menarik minat wisatawan asing. "Galeri ini menyimpan batik-batik kuno yang menarik perhatian kami. Semua orang tahu, batik berasal dari Indonesia dan mereka ingin melihatnya. Mereka sangat menyukai batik. Di Norwegia, mereka menggunakan batik sebagai gaun," ujar seorang turis.

Galeri Batik dibuka setiap hari mulai jam 9.00 WIB hingga 15.00 WIB, kecuali Senin dan Hari Libur Nasional. Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk mahasiswa.

Sumber :
http://berita.liputan6.com/

1 komentar:

Pengrajin Batik Tulis on 3 Mei 2015 15.59 mengatakan...

Maka dari itu, batik sebagai warisan budaya indonesia harus dilestarikan, dan seniman batik harus juga difasilitasi....

by 'jual batik tulis madura eksklusif' 'batik eksklusif', 'batik madura' , 'jual batik madura online', batik pamekasan madura


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post