English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Rabu, 02 Juni 2010

jBatik Mobile, Membatik dengan Ponsel


Bandung – Setelah sukses meluncurkan software jBatik v 2.0, Pixel People Project kembali meluncurkan software untuk mendesain batik. Kali ini dalam versi mobile.

Softwarebernama jBatik Mobile ini bisa diinstal ke semua jenis ponsel yang berbasis Java. Dengan ukuran file sebesar 800 kilobyte, software ini bisa memenuhi kebutuhan orang untuk mendesain batik kapan saja dimana saja.

Seperti dituturkan oleh Nancy Margried, Head of Business and Publication Pixel People Project, di sela-sela Open Lab Exhibition di Jabar Craft Center, Jalan Ir Djuanda No 19 salah satu alasannya mengeluarkan versi mobile untuk software jBatik adalah untuk mendekatkan batik kepada generasi muda.“Kita bisa membuat batik di ponsel. Ini adalah jawaban bagi semua yang tertarik dengan batik dan memiliki ponsel. Selain itu juga kita bisa mendekatkan batik dengan generasi muda,” tuturnya, Jumat (11/12/2009).

Nancy juga menambahkan, jBatik Mobile adalah satu-satunya aplikasi untuk membuat batik di dunia. Oleh karena itu ia optimistis bahwa aplikasi ini dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya untuk pembuat batik, desainer ataupun programer.

“Software ini langka dan untuk aplikasi mobile jarang yang tentang desain. Selama ini kebanyakan adalah game. Jadi ini adalah satu-satunya aplikasi mendesain batik di ponsel,” tambahnya.

Untuk mendapatkan jBatik Mobile bisa diunduh di situs resmi milik mereka di www.batikfractal.com.

“Sekali download akan dikenakan biaya Rp 20 ribu. Bisa diinstal di semua jenis ponsel berbasis Java,” katanya.
Batik fractal adalah motif batik tradisional yan ditulis kembali dalam rumus matematika yang bernama Fractal. Hasil desain ini kemudian diaplikasikan ke atas kain dengan teknik batik tradisional, baik menggunakan cating ataupun cap. Inovasi batik fractal telah dipatenkan melalui Direktorat Jendral HAKI.

Sumber :
pmdkduaonline.wordpress.com

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post