English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 28 November 2009

Tips Hemat Berinternet

Browsing. Kadang membuat kita terlena dan berlarut-larut saat akses ke internet. Akhirnya, tagihan internet pun membengkak. Hal ini tidak menimbulkan masalah bagi kita yang menggunakan akses Speedy unlimited ataupun ASTINet (dedicated access to internet TELKOM). Namun, bagi yang berlangganan TELKOMNet Instan atau Speedy limited, bisa jadi merupakan masalah yang merisaukan departemen keuangan.
http://mytravelblogging.com/tips/files/2009/03/2703travel.jpg

Nah, berikut ini ada beberapa tips penghematan berinternet yang dapat Anda tempuh dengan cara melakukan beberapa hal di komputer Anda, yaitu antara lain :

1. Matikan automatic update yang bekerja pada komputer Anda, seperti Windows update, antivirus update, dan sebagainya. Sebaiknya Anda melakukan update secara manual dan berkala.

2. Sebaiknya Anda matikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser, seperti flash player, iklan, dan sebagainya. Untuk menonaktifkan aplikasi flash, gunakan plugin flashblock (download pada http://flashblock.mozdev.org/) dan untuk menonaktifkan iklan dapat Anda gunakan plugin Adblock (download di http://adlockplus.mozdev.org/)

3. Saat ini sedang populer pembacaan RSS versi desktop. Namun, untuk menghemat bandwith, sebaiknya Anda hindari denga membawa RSS versi web saja, karena transfer datanya dapat dikendalikan.

4. Hindari membuka sebuah halaman situs terlalu lama. Segera tutup jika tidak dibutuhkan lagi karena terkadang terjadi transfer data tanpa Anda sadari.

5. Segera basmi (clean dan delete) virus, worm, atau spyware yang ada pada komputer karena ketiganya bisa jadi akan melakukan transfer data tanpa disadari.

6. Segera matikan koneksi jika tidak digunakan lagi dan jika tidak terlalu butuh hindari aktivitas yang membutuhkan banyak bandwith seperti download program, video conference, dan sebagainya.

Informasi ini diperoleh dari buku Panduan Praktis Koneksi Internet dengan Handphone terbitan mediakita yang disusun oleh Rachmat Agusli. Informasi lain yang disajikan di buku tersebut antara lain : cara mengaktifkan internet dan mengatur setting untuk handphone GSM dan CDMA, browsing internet langsung di handphone, panduan memakai bluetooth, infra red, dan kabel data, serta manfaat handphone sebagai modem.

sumber

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post