English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Senin, 26 Oktober 2009

Beda Laptop, Notebook, dan Netbook

LAPTOP / NOTEBOOK

http://static.arstechnica.com/Hardware/OLPC_XO_Laptop.2.jpghttp://www.slipperybrick.com/wp-content/uploads/2008/08/batman-laptop.jpghttp://www.amzanimokhtar.com/wp-content/uploads/2007/09/laptop_complete.jpg

(populer dalam bahasa inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.

Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan Komputer dekstop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.


NETBOOK

http://www.arrahmah.com/images/stories/09/netbook-snapshot.jpghttp://www.slashgear.com/wp-content/uploads/2008/12/psion_netbook-480x386.jpghttp://gadgetophilia.com/wp-content/uploads/2009/05/sony-vaio-p-netbook-white.jpg

Netbook merupakan salah satu varian dari Laptop yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Komunikasi nirkabel dan mengakses internet.

Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi. Netbook biasanya menggunakan Windows XP ataupun Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4.8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pond (~1 kg) dan biasanya lebih murah dari pada Laptop biasa yang umumnya berada dalam kisaran harga USS$400,bahkan beberapa diantaranya ditawarkan denggan harga antara US$50 hingga US$100.

Istilah netbook sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata dasar: Internet dan notebook/laptop.


Sumber : wikipedia

2 komentar:

Anggie Anggraini on 27 Oktober 2009 10.08 mengatakan...

Haloo teman-teman semua silahkan comment di blogku yah

ipenk on 27 Oktober 2009 19.53 mengatakan...

ak sebenarnya aga bngung membedakan tpi liat post ni qw jd tw sip


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post