English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Selasa, 01 Juni 2010

Mug Kopi + Riset = Mempertahankan suhu



Beginilah jadinya jika mug atau cangkir kopi mendapat sentuhan teknologi. Para peneliti di Fraunhofer Institute, Jerman, mengembangkan sebuah cangkir yang sempurna untuk para penggemar kopi. Sebenarnya cangkir ini bisa juga digunakan untuk minuman lain seperti teh. Ya.. tergantung selera deh..

Sempurna?? mengapa cangkir ini disebut sempurna?? Inilah jawabannya. Cangkir ini mampu mempertahankan panas suatu cairan yang berada didalamnya pada suhu yang optimum, yakni 58 derajat celcius. Kemampuan menahan panas ini bertahan hingga 20-30 menit. Ya, cukuplah untuk memberi waktu kepada anda meminum kopi sambil membaca headline koran hari ini.Cangkir ini dibentuk dari lembaran labia almunium yang berputar dan dilapisi dengan keramik pada bagian luarnya. Ruang diantara labia almunium tersebut diisi dengan PCM (Phase Changing Material – sebuah material yang dapat berubah wujud). Material PCM inilah yang bertugas mempertahankan suhu cairan yang berada pada cangkir.
PCM ini akan berubah wujud menjadi cair jika menyerap panas (seperti gel rambut yang mencair jika dipanasi). Tentunya saat kopi pertama kali dituang suhunya masih sangat panas, bukan? nah, kelebihan panas inilah yang diserap oleh si PCM. Setelah kopi yang dimasukkan ke cangkir mulai mendingin, material PCM akan kembali berubah wujud menjadi solid dan perlahan akan melepaskan panas yang tadi diserapnya.

Bagusnya lagi, PCM ini tidak membutuhkan energi tambahan (misal dari listrik) untuk menjaga panasnya. Energinya diperoleh dari pengembilan dan pelepasan panas yang ia lakukan.

Karena belum diproduksi secara masal, cangkir kopi ini masih belum dibandrol berapa harganya. Ya, mungkin untuk produk pertama masih akan sangat mahal.

Ya, kalau saya sih mendingan beli kopi aja yang banyak daripada beli mug yang mahal ini, maklumlah insting anak kos.. hehehehe

sumber :
http://shirogadget.com/

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post