English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Satu Ayat

About Me

Foto saya
hello semuanya.. selamat datang di blog ku yang pertama..!!! kalo kalian kunjungi blog ku.."jangan lupa kasih komentar yaa.." ehm yang banyak link tentang komputer....,tukeran yuxx...,bagi - bagi informasi gtu... hohohooho

Jumat, 26 Maret 2010

Bahaya, Tidur Dengan Lampu Menyala


Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.

Sumber :
timetotalks.blogspot.com
http://www.apakabardunia.com/post/kesehatan/bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala
Selengkapnya...

Sejarah Susunan Keyboard


Pernahkah kalian berfikir mengapa susunan keyboard yang sehari-hari yang umumnya kita gunakan dibuat dengan susunan yang seperti itu. Dan apakah menurut kamu apakah susunan yang seperti itu merupakan yang paling efisien yang pernah dibuat sehingga kita akan lebih mudah dan cepat untuk kita mengetik.

Begini, susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Mengapa demikian? Ini dia sejarah susunan keyboard..

Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.

Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.

Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.

Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.

Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif� di sekitar Tahun 1970. Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.

Sumber :
kir-31.blogspot.com
http://apakabardunia.com/post/teknologi/sejarah-susunan-keyboard
Selengkapnya...

Terlalu Banyak Duduk Undang Kematian



Para pakar kesehatan di London mengeluarkan peringatan mengejutkan: duduk itu mematikan. Mereka memperingatkan bahwa duduk dalam jangka waktu lama, meski Anda juga berolah raga secara teratur, dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Tempat Anda duduk pun tak jadi soal, entah di kantor, sekolah, mobil, serta di depan komputer atau televisi. Masalahnya adalah, berapa lama Anda melakukannya.

Riset para ilmuwan itu memang masih penelitian pendahuluan. Tapi sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk cenderung menjadi gemuk, terkena serangan jantung, atau, bahkan, meninggal.

Dalam editorial British Journal of Sports Medicine, pekan ini, Elin Ekblom-Bak dari Swedish School of Sport and Health Sciences memberi saran agar pejabat kesehatan memikirkan kembali bagaimana mereka mendefinisikan aktivitas fisik untuk menyoroti bahaya duduk.

Pejabat kesehatan telah mengeluarkan panduan yang merekomendasikan kegiatan fisik minimum agar seseorang tetap bugar, namun mereka tidak memberikan saran kepada orang untuk membatasi berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam posisi duduk. "Setelah empat jam duduk, tubuh mulai mengirimkan sinyal berbahaya," kata Ekblom-Bak. Dia menjelaskan bahwa gen yang mengatur jumlah glukosa dan lemak dalam tubuh mulai padam.

Meskipun orang itu rutin berolah raga, menghabiskan waktu lama duduk di depan meja tetap berbahaya. Tim Armstrong, pakar kegiatan fisik di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan orang yang berolah raga setiap hari, namun masih menghabiskan banyak waktu dengan duduk, baru memperoleh manfaat jika olah raga itu dilakukan beberapa kali dalam sehari daripada dilakukan hanya sekali.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun lalu, para ilmuwan yang melakukan pemantauan terhadap 17 ribu warga Kanada selama beberapa tahun menemukan bahwa orang yang banyak duduk memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi, entah mereka berolah raga atau tidak.


"Kami belum memiliki bukti yang cukup untuk menyatakan berapa lama duduk yang berbahaya," kata Peter Katzmarzyk dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Amerika, yang memimpin studi itu. "Tapi tampaknya, makin sering Anda berdiri dan menyela perilaku tak bergerak itu, makin bagus."

Survei yang dilakukan sebuah lembaga di Amerika Serikat pada 2003-2004 menunjukkan bahwa orang Amerika menghabiskan lebih dari separuh waktu mereka di atas kursi, mulai bekerja di depan meja sampai di balik kemudi mobil.

Para ilmuwan menyatakan perlu lebih banyak riset untuk mengetahui duduk berapa lama yang berbahaya dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengaruh buruk tersebut.

"Orang harus tetap berolahraga karena itu mempunyai banyak manfaat," kata Ekblom-Bak. "Tapi ketika mereka di kantor, mereka harus berusaha menyela aktivitasnya di atas kursi sesering mungkin. Jangan mengirim e-mail kepada rekan sekantor. Berjalan dan bicara langsung padanya. Berdiri."

Sumber :
TJANDRA DEWI l AP - www.tempointeraktif.com
http://apakabardunia.com/post/kesehatan/terlalu-banyak-duduk-undang-kematian
Selengkapnya...

Sabtu, 20 Maret 2010

Permintaan (Demand) dan Penawaran (Supply)

1. Pengertian Permintaan dan Penawaran
• Permintaan (Demand)
Menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga,sedangkan,
• Penawaran (Supply)
Permintaan masyarakat terhadap suatu barang belum memenuhi syarat terjadinya transaksi di dalam pasar, maka perlu adanya penawaran dari produsen / penjual.

Dengan menggabungkan permintaan oleh pembeli dan penawaran oleh penjual, maka dapat ditujukan bagaimana interaksi antara pembeli dan penjual dalam menentukan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah barang yang akan diperjual belikan.

2. Faktor – faktor yang mempengaruhi
Permintaan adalah Kebutuhan masyarakat / individu terhadap suatu jenis barang tergantung kepada faktor-faktor sebgai berikut :
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain
3. Pendapatan konsumen
4. Cita masyarakat / selera
5. Jumlah penduduk
6. Musim / iklim
7. Prediksi masa yang akan dating

Penawaran adalah Keinginan para penjual dalam menawarkan barang ada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor penting, yaitu:
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga-harga barang lain
3. Biaya produksi
4. Tujuan perusahaan
5. Tingkat produksi yang digunakan

3. Bunyi dan Contoh Hukum Permintaan dan Penawaran
Pada hakikatnya Hukum Permintaan :
• Semakin rendah harga suatu barang maka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut.
• Semakin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.

Berlaku atau tidaknya Hukum Permintaan terhadap suatu barang :
Misanya, sebuah Modem yang sering digunakan atau dipakai untuk keperluan-keperluan bagi si pemakai (konsumen),dengan harga pasar yang cukup rendah ditawarkan dipasaran. Tentu saja akan menyebabkan barang tersebut menjadi sebuah barang yang akan dicari-cari oleh para konsumen karena harganya yang relative rendah. Dengan banyaknya permintaan dari para konsumen, tentu saja akan semakin banyak barang yang diproduksi dipasaran. Sebaliknya jika semakin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.


Pada hakikatnya Hukum Penawaran :
• Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.
• Semakin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.

Berlaku atau tidaknya Hukum Penawaran terhadap suatu barang :
Dizaman yang serba tekhnologi pada sekarang ini, tentunya sudah banyak sekali barang-barang yang ditawarkan dipasaran. Misalnya, sebuah Modem. Dizaman sekarang siapa sih yang tidak kenal apa itu internet ? Belum lagi sebuah Jaringan yang dinamakan Facebook, sudah semua orang tahu dan banyak yang menggunakannya. Baik itu untuk keperluan Bisnis, Teman, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya sebuah Modem yang tentu saja karena bentuknya yang kecil dan mudah untuk dibawa dan digunakan dimana-mana. Banyak orang yang akan mencari menggunakannya untuk keperluan-keperluan masing-masing bagi si pemakai (konsumen).
Dengan harga pasar yang cukup tinggi ditawarkan dipasaran. Apa lagi ditambah lagi dengan kebutuhan – kebutuhan dan keperluan setiap konsumen, tentu saja akan membuat Para pembeli akan mengeluarkan kekuatan yang mereka miliki sehingga mampu mempengaruhi pasaran untuk menurunkan harga produk terhadap barang tersebut.

Jadi, Hukum Permintaan dan Penawaran berlaku untuk sebuah barang yang dicontohkan diatas.


Sumber :
http://matakuliah.files.wordpress.com/2007/09/te-mik-1.pdf
Selengkapnya...

Kamis, 18 Maret 2010

BPPT Kembangkan Software untuk Tunanetra

[komputer.jpg]

Menarik! Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ternyata sudah mengembangkan software-software khusus untuk para tunanetra dan tunadaksa yang membuka seluas-luasnya akses kalangan ini terhadap komputer dan internet.

Ada dua software yang dipegang oleh BPPT, yaitu Linux dengan Lisan (LISAN) dan Membaca dengan Dengar (Mem-Dengar). LISAN adalah software dengan sistem operasi Linux yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan komputer hanya dengan berbicara.

"Dibandingkan dengan JAWSforWindows, LISAN lebih canggih karena pengguna bisa memerintahkan komputer seratus persen dengan lisan," tutur Koordinator Pusat Sumber Daya Open Source BPPT Oskar Riandi di sela peluncuran pelatihan 'Komputer Bicara untuk Tina Netra' di Gedung Dewan Pers, Senin (8/3/2010).



Para tunanetra dan tunadaksa cukup menyebutkan perintah-perintah standar untuk mengaktifkan komputer dan menulis sesuatu. Oskar mengatakan program ini sudah siap digunakan meski belum diluncurkan.

Memang, lanjutnya, masih ada beberapa pengembangan khususnya untuk para tunanetra. "Soalnya komputer kan harus memberikan respon yang diperlukan tunanetra kalau sudah diberi perintah," katanya.

Sementara itu, software Mem-dengar masih dalam tahap pengembangan. Targetnya, tahun ini pengembangannya akan rampung. Sesuai namanya, software ini akan membantu para tunanetra untuk membaca suatu artikel atau dokumen karena software ini mengkonversikan tulisan ke dalam bentuk audio.

Mem-dengar juga memungkinkan para tunanetra membaca suatu buku dengan memindainya terlebih dahulu, diubah ke teks lalu dikonversikan ke bentuk suara. Menariknya, kedua software ini akan ditawarkan secara opensource tanpa bayar dan keduanya dioperasikan dalam bahasa Indonesia sehingga memudahkan bagi para tunanetra yang tak menguasai bahasa asing.

Oskar mengaku belum memiliki kerja sama khusus dengan Pertuni. "Mereka kebetulan juga baru tahu tadi katanya," tandasnya.

Sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/08/12052697/Komputer.Bicara.untuk.Tunanetra




Selengkapnya...

Komputer Bicara untuk Tunanetra

Seiring dengan berkembangnya teknologi, akses para tunanetra terhadap komputer bukanlah hal yang mustahil lagi. Semangat untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi menelurkan hasil yang mencengangkan, bahkan kini digelar pelatihan komputer khusus untuk para tunanetra.

Sekjend DPP Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Bayu Yulianto mengatakan, para tunanetra itu menggunakan komputer biasa yang tidak dilengkapi dengan huruf braille. Teknologilah yang memungkinkan akses para tunanetra terbuka lebar terhadapnya, yaitu dengan pemanfaatan sebuah software, JAWSforWindows.

"Komputer biasa dilengkapi dengan software yang bisa mengubah tulisan yang dikonversikan dengan suara. Di layar tetap ada. Software ini memang didesain khusus untuk tunanetra," tuturnya kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (8/3/2010).

Peluang besar terlihat dari munculnya software ini sehingga Pertuni pun berpikir perlu untuk membaginya kepada para tunanetra di seluruh Indonesia. Pelatihan tahap awal pun dibuka hari ini dengan peserta sekitar 30 orang dari wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Dalam pembukaan pelatihan di Gedung Dewan Pers, Senin pagi, Ketua DPP Pertuni Didik Tarsidi langsung mendemonstrasikan pemanfaatan software ini dengan komputer jinjing kecil miliknya. Dia menuliskan pidato pembukaannya dan membacakannya tadi dengan mengikuti suara yang dikonversi JAWSforWindows dari tulisannya.

"Dengan memanfaatkan tekno suara, tunanetra dimungkinkan untuk mengakses layar komputer. Dengan bantuan scanner, orang tunanetra juga bisa mengakses buku yang dibacakan software ini. Komputer sangat egaliter, semua bisa mengakses dengan prinsip kesetaraan," ungkapnya.
Sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/08/12052697/Komputer.Bicara.untuk.Tunanetra


Selengkapnya...

Unik, Keyboard Bisa Dilipat Jadi Ponsel


Sebuah keyboard yang dapat dilipat, ternyata juga bisa sebagai sebuah handset ponsel. Pada dasarnya ini hanya merupakan keyboard foldable yang dapat juga berlaku sebagai ponsel. User dapat membawa keyboard yang telah dilipat dan disimpan di saku sebagai ponsel. Selain itu, keyboard ini bisa digunakan untuk dihubungkan ke tablet PC secara wireless. Keyboard yang berlaku sebagai ponsel tersebut didesain oleh In-oh Yoo dan Sun-woong Oh dari Metatrend Institute.
Sumber :http://www.beritanet.com/
Selengkapnya...

Jalan Pintas Membersihkan "Mailbox"

Saat mengunduh e-mail, kadang-kadang ada saja e-mail yang masuk dua kali. Sesi pengunduhan sebelumnya yang sudah diunduh, eh sekarang diunduh lagi. Kalau e-mail yang dobel begini cuma sedikit sih enggak masalah. Tapi bagaimana kalau jumlahnya mencapai ratusan? Jempol bisa pegal buat bersih-bersih mailbox.

Tapi tak perlu khawatir. Ada kok solusi praktis untuk membersihkan mailbox. Begini triknya:



1. Jalankan Outlook 2010 melalui menu “Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Outlook 2010”.
2. Masuklah ke folder yang ingin dibersihkan, misalkan folder Inbox.
3. Klik tab ”Folder”.
4. Pada bagian “Clean up”, klik “Clean up folder”.
5. Akan muncul dua menu baru, yakni “Clean up folder” dan “Clean up folder & subfolders”. Pilihan pertama akan membersihkan satu folder aktif saja, sementara opsi satunya lagi bakal membersihkan seisi folder berikut subfoldernya.
6. Saat muncul konfirmasi, klik tombol “Clean up folder”.

sumber:
PCplus
http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/02/15/16244383/cara.cepat.merespon.e-mail.di.outlook.2010

Selengkapnya...

Perlu Mitigasi terhadap Ancaman Badai Matahari


Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (Pengda IAGI) Provinsi Sumatera Barat mengingatkan soal perlunya upaya antisipasi terhadap ancaman bencana badai matahari yang mesti dilakukan sedini mungkin.

Ketua Pengda IAGI Provinsi Sumbar Ade Edward, Rabu (17/3/2010), mengatakan, prediksi soal badai matahari 2012-2015 yang secara resmi sudah dinyatakan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mesti segera ditindaklanjuti dengan upaya mitigasi oleh LIPI, BNPB, BPPT, Kementerian Ristek, Kementerian ESDM, dan BMKG.
Sejumlah peneliti antariksa di dunia memprediksi puncak badai matahari akan terjadi pada pertengahan tahun 2013. Indikasi tersebut berdasar pada aktivitas matahari yang saat ini terus meningkat. Aktivitas matahari ini berupa medan magnet, bintik matahari, ledakan matahari, lontaran massa korona, angin surya, dan partikel energetik.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena badai matahari tidak akan menghancurkan peradaban dunia. Dampak badai matahari hanya merusak sistem teknologi. Sistem teknologi yang terpengaruh, misalnya, rusaknya satelit sehingga mengganggu jaringan komunikasi. Dampak lainnya dari badai matahari ini juga dapat mengganggu medan magnet bumi. Badai matahari ini dapat diantisipasi agar tidak menimbulkan kerusakan, seperti mematikan sementara jaringan satelit dan jaringan listrik pada saat terjadi badai matahari.

Sumber :
http://sains.kompas.com/read/2010/03/17/18320981/Perlu.Mitigasi.terhadap.Ancaman.Badai.Matahari
Selengkapnya...

Opera Mini 5 Beta, Makin Canggih Pakai Tab


Opera Mini 5 Beta bisa menjadi pilihan terbaik browser web untuk smartphone atau ponsel-ponsel berbasis Java. Software gratis ini sudah dilengkapi fitur-fitur akses internet secara mobile yang makin senyaman akses di komputer seperti menyediakan tab, speed dial, dan password manager.

Dengan tab, banyak alamat web dapat dibuka secara bersamaan misalnya membuka alamat Facebook, Twitter, KOMPAS.com, dan Google. Pengguna tinggal berpindah dari satu alamat ke alamat lain dengan bebas tanpa harus meninggalkan alamat yang dibuka sebelumnya. Apalagi tak ada batasan berapa halaman yang bisa dibuka.

Speed dial menampilkan 9 thumnail alamat web pilihan pengguna di halaman depan saat browser aktif. Fitur ini memudahkan akses ke halaman-halaman populer atau yang paling sering dikunjungi dengan lebih cepat karena hanya menge-klik thumbail tersebut tanpa harus mengetik alamat webnya.

Opera Mini 5 Beta juga sudah mendukung password manager yang akan menyimpan alamat login dan password pengguna ke berbagai situs. Dengan fitur ini, browsing ke situs yang meminta identitas dan password seperti email, situs sosial, dan forum dapat dilakukan lebih cepat tanpa mengetik ulang.

Selain fitur-fitur tersebut, Opera Mini 5 Beta juga hadir dengan penampilan baru yang lebih segar. Didesain untuk nyaman dipakai pada perangkat berbasis keypad maupun layar sentuh, navigasinya menggunakan panel khusus. Panel tersebut menyediakan tombol ke speed dial, back, next, reload, dan shut down. Pada bagian tengah juga terdapat menu untuk setting, bookmark, history, saved pages, find in page, dan help.

Di halaman muka juga langsung tersedia menu pencarian Google untuk mempercepat melakukan pencarian. Namun, tak ada pilihan mengubah warna tema dasar seperti versi sebelumnya.

Untuk mendapatkan software ini download saja secara langsung dengan mengetik m.opera.com/next di browser web yang sudah Anda pakai. Opera Mini 5 Beta tidak akan me-replace versi sebelumnya sehingga Anda bisa membanding-bandingkan keandalannya.

Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/09/17/11032739/opera.mini.5.beta.makin.canggih.pakai.tab
Selengkapnya...

Minggu, 14 Maret 2010

Sebab Bertambah dan Berkurangnya Iman

Setelah kita mengetahui iman itu bertambah dan berkurang, maka mengenal sebab-sebab bertambah dan berkurangnya iman memiliki manfaat dan menjadi sangat penting sekali. Sudah sepantasnya seorang muslim mengenal kemudian menerapkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar bertambah sempurna dan kuat imannya.
Juga untuk menjauhkan diri dari lawannya yang menjadi sebab berkurangnya iman sehingga dapat menjaga diri dan selamat didunia dan akherat.
Syeikh Abdurrahman as-Sa’di rahimahullah menerangkan bahwa seorang hamba yang mendapatkan taufiq dari Allah Ta’ala selalu berusaha melakukan dua perkara:
1. Merealisasikan iman dan cabang-cabangnya serta menerapkannya baik secara ilmu dan amal secara bersama-sama.
2. Berusaha menolak semua yang menentang dan menghapus iman atau menguranginya dari fitnah-fitnah yang nampak maupun yang tersembunyi, mengobati kekurangan dari awal dan mengobati yang seterusnya dengan taubat nasuha serta mengetahui satu perkara sebelum hilang.
Mewujudkan iman dan mengokohkannya dilakukan dengan mengenal sebab-sebab bertambahnya iman dan melaksanakannya. Sedangkan berusaha menolak semua yang menghapus dan menentangnya dilakukan dengan mengenal sebab-sebab berkurangnya iman dan berhati-hati dari terjerumus di dalamnya.
Sebab-sebab Bertambahnya Iman
Pertama: Belajar ilmu yang bermanfaat yang bersumber dari al-Qur`aan dan as Sunnah. Hal ini menjadi sebab pertambahan iman yang terpenting dan bermanfaat karena ilmu menjadi sarana beribadah kepada Allah Ta’ala dan mewujudkan tauhid dengan benar dan pas. Pertambahan iman yang didapatkan dari ilmu bisa terjadi dari beraneka ragam sisi, di antaranya:
1. Sisi keluarnya ahli ilmu dalam mencari ilmu
2. Duduknya mereka dalam halaqah ilmu
3. Mudzakarah (diskusi) di antara mereka dalam masalah ilmu
4. Penambahan pengetahuan terhadap Allah dan syari’at-Nya
5. Penerapan ilmu yang telah mereka pelajari
6. Tambahan pahala dari orang yang belajar dari mereka
Kedua: Merenungi ayat-ayat kauniyah. Merenungi dan meneliti keadaan dan keberadaan makhluk-makhluk Allah Ta’ala yang beraneka ragam dan menakjubkan merupakan faktor pendorong yang sangat kuat untuk beriman dan mengokohkan iman.
Syeikh Abdurrahman as-Sa’di rahimahullah menyatakan, “Di antara sebab dan faktor pendorong keimanan adalah tafakur kepada alam semesta berupa penciptaan langit dan bumi serta makhluk-makhuk penghuninya dan meneliti diri manusia itu sendiri beserta sifat-sifat yang dimiliki. Ini semua adalah faktor pendorong yang kuat untuk meningkatkan iman”.
Ketiga: Berusaha sungguh-sungguh melaksanakan amalan shalih dengan ikhlas, memperbanyak dan mensinambungkannya. Hal ini karena semua amalan syariat yang dilaksanakan dengan ikhlas akan menambah iman. Karena iman bertambah dengan pertambahan amalan ketaatan dan banyaknya ibadah.
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah pernah menuturkan, “Di antara sebab pertambahan iman adalah melakukan ketaatan. Sebab iman akan bertambah sesuai dengan bagusnya pelaksanaan, jenis dan banyaknya amalan. Semakin baik amalan, semakin besar penambahan iman dan bagusnya pelasanaan ada dengan sebab ikhlas dan mutaba’ah (mencontohi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). Sedangkan jenis amalan, maka yang wajib lebih utama dari yang sunnah dan sebagian amal ketaatan lebih ditekankan dan utama dari yang lainnya. Semakin utama ketaatan tersebut maka semakin besar juga penambahan imannya. Adapun banyak (kwantitas) amalan, maka akan menambah keimanan, sebab amalan termasuk bagian iman. Sehingga pasti iman bertambah dengan bertambahnya amalan.”

Sebab-sebab Berkurangnya Iman
Sebab-sebab berkurangnya iman ada yang berasal dari dalam diri manusia sendiri (faktor internal) dan ada yang berasal dari luar (faktor eksternal).
Faktor internal berkurangnya iman
Pertama: Kebodohan. Ini adalah sebab terbesar berkurangnya iman, sebagaimana ilmu adalah sebab terbesar bertambahnya iman.
Kedua: Kelalaian, sikap berpaling dari kebenaran dan lupa. Tiga perkara ini adalah salah satu sebab penting berkurangnya iman.
Ketiga: Perbuatan maksiat dan dosa. Jelas kemaksiatan dan dosa sangat merugikan dan memiliki pengaruh jelek terhadap iman. Sebagaimana pelaksanaan perintah Allah Ta’ala menambah iman, demikian juga pelanggaran atas larangan Allah Ta’ala mengurangi iman. Namun tentunya dosa dan kemaksiatan bertingkat-tingkat derajat, kerusakan dan kerugian yang ditimbulkannya, sebagaimana disampaikan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah dalam ungkapan beliau, “Sudah pasti kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan bertingkat-tingkat sebagaimana iman dan amal shalih pun bertingkat-tingkat”.
Keempat: Nafsu yang mengajak kepada keburukan (an-nafsu ammaratu bissu’). Inilah nafsu yang ada pada manusia dan tercela. Nafsu ini mengajak kepada keburukan dan kebinasaan, sebagaimana Allah Ta’ala jelaskan dalam menceritakan istri al-Aziz ,
وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.” (Qs Yusuf: 53)
Nafsu ini menyeret manusia kepada kemaksiatan dan kehancuran iman, sehingga wajib bagi kita berlindung kepada Allah Ta’ala darinya dan berusaha bermuhasabah sebelum beramal dan setelahnya.
Faktor eksternal berkurangnya iman
Pertama: Syeitan musuh abadi manusia yang merupakan satu sebab penting eksternal yang mempengaruhi iman dan mengurangi kekokohannya.
Kedua: Dunia dan fitnah (godaan)nya. Menyibukkan diri dengan dunia dan perhiasannya termasuk sebab yang dapat mengurangi iman. Sebab semakin semangat manusia memiliki dunia dan semakin menginginkannya, maka semakin memberatkan dirinya berbuat ketaatan dan mencari kebahagian akherat, sebagaiman dituturkan Imam Ibnul Qayyim.
Ketiga: Teman bergaul yang jelek. Teman yang jelek dan jahat menjadi sesuatu yang sangat berbahaya terhadap keimanan, akhlak dan agamanya. Karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan kita dari hal ini dalam sabda beliau,
الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
“Seorang itu berada di atas agama kekasihnya (teman dekatnya), maka hendaknya salah seorang kalian melihat siapa yang menjadi kekasihnya”
Demikianlah perkara yang harus diperhatikan dalam iman, mudah-mudahan hal ini dapat menggerakkan kita untuk lebih mengokohkan iman dan menyempurnakannya.


Sumber :
http://muslim.or.id/aqidah/sebab-bertambah-dan-berkurangnya-iman.html
Selengkapnya...

5 Planet Terbaru Telah Ditemukan


NASA, badan pengamat antariksa US telah menemukan lima planet baru yang memiliki ukuran range antara ukuran planet Neptunus dan Jupiter, planet terbesar di system solar bumi. Lima planet tersebut disebut juga exoplanet yang berada di lokasi jauh di luar angkasa, dan orbit bintang yang lebih panas dan lebih besar daripada matahari.
Termperatur dari kelima planet baru tersebut antara 2,200 hingga 3,000 derajat Fahreinheit, suhu yang panas dan tidak cocok untuk didiami. Range orbit sekitar 3.3 hingga 4.9 hari. NASA mengungkapkan penemuannya tersebut hasil dari pengamatan menggunakan telescope Kepler. NASA kemudian memberi nama lima planet tersebut dengan nama Kepler 4b, 5b, 6b, 7b, dan 8b.
Bahkan, sebelumnya dalam misi telescope Kepler, NASA juga menemukan HAT-P-7, exoplanet lain yang berada sekitar 1,000 tahun cahaya dari bumi. Kepler tidak menyajikan secara visual dimana planet ditemukan, namun hanya mendeteksi keberadaannya dengan melacak tingkat cahaya bintang, yang terjadi ketika sebuah planet memutari orbit melewati matahari.
Sumber :
http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Planet-Kepler.html
Selengkapnya...

Keamanan Jaringan Nirkabel


Penggunaan jaringan Internet yang kian marak dewasa ini telah mendorong pertumbuhan teknologi koneksi jaringan Internet itu sendiri, sehingga kemudian lahirlah suatu teknologi jaringan nirkabel (Wireless Network), yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses Internet. Namun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam penggunaan jaringan nirkabel ini dapat berjalan dengan aman.
Lahirnya Jaringan Nirkabel untuk Rumah
Dahulu komputer lebih dianggap sebagai sebuah kemewahan daripada sebuah kebutuhan. Hanya orang-orang kaya dan beruntung saja yang dapat mempunyai sebuah komputer, sedangkan jaringan merupakan hal yang hanya dapat disediakan untuk perusahaan besar.
Namun sejalan dengan kemajuan yang pesat pada dekade ini, maka sekarang setiap orang masing-masing dapat mempunyai komputernya sendiri. Seperti yang banyak kita temui, biasa nya setiap orang tua mempunyai komputernya sendiri, begitu pula dengan si anak dapat mempunyai komputernya sendiri walaupun mungkin hanya digunakan untuk bermain dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Para pengguna rumahan juga telah berkembang dari yang semula tidak mempunyai akses Internet, kemudian mulai memakai koneksi dial-up Internet dengan kecepatan 9600 kbps melebihi 56 kbps dial up akses, dan kini berkembang menjadi koneksi broadband menyaingi koneksi T1 yang sering dinikmati orang saat bekerja.

Sebagaimana Internet dan World Wide Web telah menjadi trend dalam kebudayaan kita dan menggantikan format media massa lainnya dalam menyampaikan informasi yang dicari, mulai dari informasi pemberitaan, olahraga, cuaca, resep, yellow pages (buku telepon), dan masih banyak hal lainnya yang kesemuanya itu merupakan sebuah cara baru, bukan hanya dalam pemakaian komputer di dalam rumah, tapi juga dalam hal pemakaian koneksi Internet.

Sementara itu perusahaan perangkat keras maupun perangkat lunak kini telah menawarkan berbagai solusi yang memungkinkan para pemakai Internet di rumah saling berbagi koneksi antara lebih dari dua komputer. Meskipun semua komputer tersebut harus terhubung jaringan. Untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya biasanya membutuhkan berbagai macam media fisik, seperti kabel telepon, kabel coaxial, ataupun kabel CAT5 kabel telegram yang ada di mana-mana. Namun baru-baru ini telah ditemukan cara baru pemakaian Internet tanpa menggunakan berbagai macam media penghubung terseut, teknologi ini kini lazim disebut koneksi jaringan Nirkabel (tanpa kabel). Pemakaian Internet dengan menggunakan koneksi jaringan nirkabel ini tentu saja sangat memudahkan pemakainya dalam mengakses Internet, tanpa melalui proses installasi dan pemasangan kabel yang memusingkan.
Adapun susunan koneksi jaringan nirkabel ini sangat sederhana. Koneksi Internet masuk dari Internet Provider kemudian dihubungkan dengan suatu titik penerus akses nirkabel atau router yang memancarkan sinyal. Ketika Anda terhubung dengan memakai kartu atau antena jaringan nirkabel untuk menerima sinyal, begitu pula sebaliknya, maka koneksi Anda telah berhasil.

Masalah yang sering timbul pada saat menikmati koneksi sinyal nirkabel ini adalah sulitnya mengetahui sampai sejauh mana sinyal ini dapat diterima. Jika sinyal tersebut dapat ditangkap dari lantai atas sebuah kantor, maka seharusnya juga dapat ditangkap dari basement yang berada 100 kaki di bawah tanah. Ini dapat saja membuat seorang hacker mencari celah dari koneksi nirkabel tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi penting mengenai Anda.

Namun itu bukan berarti tidak menyarankan penggunaan jaringan nirkabel. Hanya saja Anda harus cermat dalam menggunakan jaringan nirkabel ini, serta mengambil beberapa pencegahan dasar agar pemakaian teknologi ini dapat benar-benar aman. Berikut ini merupakan beberapa langkah sederhana yang dapat dijalankan untuk mengamankan jaringan nirkabel yang Anda pakai.


6 Langkah Pengamanan Dasar Jaringan :
1.Ubahlah Sistem ID (Identitas)
Biasanya suatu layanan nirkabel dilengkapi dengan suatu standart pengamanan identitas atau yang sering disebut SSID (Service Set Identifier) or ESSID (Extended Service Set Identifier). Sangat mudah bagi seorang hacker untuk mencari tahu identitas default dari suatu layanan atau jaringan, jadi sebaiknya Anda segera mengubahnya menjadi suatu identitas yang unik, yang tidak mudah ditebak orang lain.
2. Mematikan identitas pemancar
Dengan mengumumkan kepada umum bahwa Anda memiliki suatu jaringan nirkabel akan membuat para hacker penasaran untuk membobol jaringan nirkabel Anda. Mempunyai suatu jaringan nirkabel bukan berarti harus memberitahukannya kepada semua orang. Periksalah secara manual perangkat keras yang Anda pakai untuk jaringan nirkabel tersebut, dan pelajarilah bagaimana cara mematikannya.
3. Sediakanlah enkripsi
WEP (Wired Equivalent Privacy) and WPA (Wi-Fi Protected Access) dapat meng-enkripsi data Anda sehingga hanya penerima saja yang diharapkan dapat membaca data tersebut. WEP (Wired Equivalent Privacy) mempunyai banyak kelemahan yang membuatnya mudah disusupi. Kunci 128-bit hanya mempunyai tingkat pencapaian yang relatif rendah tanpa peningkatan keamanan yang signifikan, sedangkan untuk 40-bit atau 64-bit pada beberapa perlengkapan lainnya, mempunyai enkripsi yang sama baiknya. Dengan cara pengamanan yang standart saja pastilah tetap akan mudah bagi hacker untuk menyusup, namun dengan cara enkripsi ini pastilah akan membuat jaringan Anda lebih aman dari hacker. Jika memungkinkan, ada baiknya untuk menggunakan enkripsi WPA (peralatan yang lebih tua dapat diupgrade terlebih dahulu agar compatible dengan WPA). WPA dapat sangat menjanjikan dalam menjamin keamanan jaringan nirkabel Anda, namun masih tetap dapat dikalahkan oleh serangan DOS (denial of services).

4. Membatasi dari penggunaan traffic yang tidak perlu
Banyak router jaringan kabel maupun nirkabel yang dilengkapi firewalls. Bukan bermaksud mengedepankan firewalls, namun firewalls telah membantu dalam pertahanan keamanan jaringan. Bacalah petunjuk manual dari perangkat keras Anda dan pelajarilah cara pengaturan konfigurasi router Anda, sehingga hanya traffic yang sudah seijin Anda saja yang dapat dijalankan.
5. Ubahlah 'kata sandi' default Administrator milik Anda
Hal ini baik untuk semua penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Kata sandi default sangat mudah disalahgunakan, terutama oleh para hacker. Oleh karena itu sebaiknya ubahlah kata sandi Anda, hindari penggunaan kata dari hal-hal pribadi Anda yang mudah diketahui orang, seperti nama belakang, tanggal lahir, dan sebagainya.
6. Kunci dan lindungilah komputer Anda
Hal ini merupakan cara pengamanan terakhir untuk komputer Anda. Gunakanlah firewall, perangkat lunak Anti Virus, Zone Alarm, dan lain sebagainya. Setidaknya setiap satu minggu perbaharuilah Anti Virus yang Anda pakai.
Sumber :
http://www.beritanet.com/Technology/Security/keamanan-wireless-network.html


Selengkapnya...

Jumat, 12 Maret 2010

Walletex - Kartu Kredit USB Flash Disk


Kartu kredit flash disk? Sebuah inovasi terbaru dari Walletex, USB flash disk dengan desain unik seperti kartu kredit yang sangat nyaman dibawa kemana-mana. Tidak hanya berfungsi sebagai flash disk melainkan dapat berfungsi sebagai MP3 juga.

Walletex adalah sebuah USB flash disk tertipis yang pernah ada. Dengan fitur-fitur kelebihan yang diberikan seperti ukuran, keelastisannya, dan water-resistant.

Flash disk buatan Amerika ini mempunyai ukuran yang sangat kecil yang memungkinkan untuk dapat dimasukkan kedalam dompet. Ukurannya kurang lebih hampir sama dengan ukuran sebuah kartu kredit regular.

Dilihat dari kualitasnya, flash disk ini mempunyai fitur USB transfer rate 2.0 diikuti dengan double-sided connector yang memampukan flash disk dapat dimasukkan kedalam USB port dua sisi. Lebih lagi, flash disk ini juga tahan banting karena kualitasnya yang sangat elastis dan kuat, flash disk ini tahan terkena air pula.

Walletex menyediakan flash disk ini dengan kapasitas dari 512MB hingga 16GB, tetapi tentunya harga dari flash disk ini bervariasi dan relatif mahal untuk ukuran harga sebuah pen drive (harganya berkisar 15USD - 125USD). Fitur tambahan dari flash disk ini adalah desain gambar yang bisa diajukan untuk sebuah custom flash disk.

Spesifikasi utama dari Walletex USB flash disk:
• Transfer rate : USB 2.0 dan USB 1.1
• Data retention : > 10 tahun
• Sistem Operasi : Windows Vista, Win XP, Win2000, Windows ME, Linux 2.4 and above, and MAC OS 9.0 & higher ,Win 98/Win98SE (driver)
• Berat : 12 grams
• Dimensi : Lebar = 85.6mm Tinggi = 54mm Tebal = 1.9mm
• Connector : Double-sided USB connector
• Environment resistance : Waterproof & Sand Proof
• Kualitas bahan : Mat or glossy

Sumber :
http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Walletex-Flash-Disk.html


Selengkapnya...

 

counter

Recent Comment

Recent post