English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 28 November 2009

Tips berinternet secara aman

Berhati-hatilah jika Anda browsing atau sedang mengakses email di Internet, meskipun aktivitas tersebut Anda lakukan di rumah Anda sendiri.

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa orang lain bisa saja mencuri informasi yang Anda miliki seperti password, rekening bank, alamat rumah, nomor telepon dan sebagainya hanya dengan mengandalkan search engine semisal Google.

http://enengnurul.files.wordpress.com/2009/07/2669425p.jpg

Saya sering menjumpai orang yang dengan entengnya meninggalkan warnet tanpa logout dari Yahoo Messenger. Untung cuma YM ya, coba Anda bayangkan apa jadinya kalau orang tersebut sedang mengakses Internet Banking?

Oleh karena itu ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut ini agar aman dalam beraktivitas di Internet.

1. Gunakan Sistem Operasi, Web Browser, Instant Messenger dan Software Email Yang Up to Date

http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2008/11/os_poll.jpg

Jika Anda mengakses Internet di rumah sebaiknya Anda menggunakan sistem operasi, web browser dan software email yang terbaru. Kenapa begitu? Biasanya software yang lama tidak di-update memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh orang lain untuk tindak kejahatan di Internet.

Apabila memungkinkan, lakukan download dan install secara berkala pacth (update terbaru) dari software-software yang Anda pakai tersebut.

2. Install Firewall di Komputer Anda

http://www.belchfire.net/screenshots/%5B4685%5DFirewall.jpg

Firewall adalah software yang membantu untuk melindungi komputer Anda dari serangan cracker. Biasanya setiap sistem operasi sudah memiliki firewall di dalamnya. Yang menjadi persoalan adalah software tersebut aktif atau tidak.

Jika belum aktif sebaiknya Anda mengaktifkan firewal tersebut agar komputer Anda lebih aman.

3. Install Anti Spywarehttp://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpghttp://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpghttp://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpg

http://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpg

http://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpghttp://computerht.com/wp-content/uploads/2008/01/computer-how-to-anti-spyware.jpgSpyware adalah software yang biasanya dipakai untuk mengumpulkan informasi melalui koneksi Internet. Pada umumnya dipakai untuk keperluan iklan.



Spyware menyebabkan koneksi Internet menjadi lambat, pop up, membuka celah keamanan di komputer, dan sebagainya.

4. Lakukan Update Anti Virus Secara Teratur

Sangat dianjurkan untuk meng-update software anti virus secara berkala. Paling tidak seminggu sekali Anda harus mendownload database virus terbaru dari software tersebut.

5. Hati-hati Dalam Mengakses Email

Jangan pernah membuka file attachment di email yang tidak Anda harapkan. Meskipun yang mengirim adalah teman Anda sendiri sebaiknya jangan dibuka jika ragu dengan file tersebut.

Anda harus berhati-hati karena siapa tahu file attachment tersebut berisi virus yang bisa merusak sistem di komputer kita. Hapus segera email tersebut jika perlu.

Anda juga perlu ekstra hati-hati dengan kiriman email yang berisi iklan. Jangan pernah mengklik link yang ada di email tersebut. Siapa tahu link tersebut menuju ke alamat website yang berisi malicious program yang bisa merusak.

Jika Anda tidak yakin dengan email yang Anda terima, misalnya karena alamat emailnya tidak Anda kenal, ada baiknya segera dihapus saja.

6. Hindari Website Dewasa (adult website)

Sebaiknya Anda menghindari website-website untuk orang dewasa seperti pornografi, game online/poker, gambling, situs cracking dan sebagainya. Walaupun “menarik”, ada kemungkinan website-website dengan tipe tersebut di atas mengandung skrip tersembunyi yang bisa membahayakan komputer Anda.

7. Jangan Pernah Mengklik Popup

Kadangkala saat Anda browsing di Internet, Anda menjumpai popup yang muncul dan berisi iklan. Sebaiknya Anda jangan mengklik link yang ada di popup tersebut. Bisa saja link tersebut akan menginstall spyware di komputer tanpa Anda sadari.

Ada baiknya Anda mengaktifkan setting di browser agar memblokir popup yang muncul.

8. Gunakan Password Dengan Hati-hati

Jangan pernah memakai password yang mudah ditebak orang lain. Kalau bisa gunakan kombinasi karakter-karakter unik seperti simbol, huruf besar/kecil, angka dan sebagainya.

Selain itu Anda jangan pernah memberikan password tersebut kepada orang lain melalui email.

9. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Yang Bersifat Rahasia Kepada Orang Lain

Informasi yang sifatnya pribadi dan rahasia seperti alamat rumah, nomor hp, rekening, password harus Anda jaga dengan hati-hati. Jangan memberikan informasi tersebut kepada orang lain yang tidak kita percaya.

10. Teliti Dalam Bertransaksi Secara Online

Berhati-hatilah jika Anda melakukan transaksi secara online seperti Internet Banking dan sebagainya. Gunakan web browser yang aman dan ekstra hati-hati jika memberikan nomor kartu kredit secara online.

Pastikan bahwa Anda logout setelah selesai menggunakan layanan online tersebut.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar aktivitas ber-Internet Anda lebih aman.


0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post