English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Jumat, 09 Oktober 2009

Menjadi seorang penulis

Menulis adalah cara yang paling baik untuk meningkatkan kemampuan. Tidak ada cara lain, kecuali kalau memang anda dilahirkan dengan bakat yang luar biasa. Memang sih ada yang bilang, untuk menulis tidak perlu pergi jauh-jauh, tapi sebenarnya kuncinya ada pada kedisiplinan. Jutaan penulis diluar sana jarang sekali membuat jurnal, karena terlalu yakin bahwa mereka akan tetap menghasilkan tulisan yang bagus.
Nggak banyak tuh yang sukses dengan cara itu. Justru itu kenapa selalu ditekankan untuk selalu berlatih, sedikit demi sedikit, pelan-pelan terus menulis. Coba saja menulis secara teratur selama 6 bulan, dan anda akan merasakan peningkatannya. Jadi, makin termotivasi untuk terus menulis?

Jika anda sedang melakukan perjalanan dan ingin sekali mengembangkan kemampuan menulis anda, coba deh ikuti beberapa tips berikut :


  1. Cobalah untuk menulis secara teratur. Diluar sana banyak sekali hal-hal menarik dan pasti ada sesuatu yang dapat ditulis. Menulis secara teratur bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang menyebalkan, tapi anda tidak akan pernah menyesal. Paling tidak, bisa menjadi suatu kenangan menarik yang bisa anda baca di kemudian hari. Apalagi kalau anda membuatnya sebagai jurnal perjalanan karena pada akhirnya justru anda akan memiliki segepok data yang dapat anda tuliskan kembali menjadi suatu artikel.
  2. Cobalah untuk menuliskan apa saja yang anda lihat. Mungkin pada mulanya seluruh tulisan anda nggak akan jauh beda dengan tulisan-tulisan anda yang lain. Tetapi dengan menulis hal-hal seperti ini anda mulai mengembangkan kemampuan deskriptif anda, dan tanpa anda sadari anda mulai menjelajah lebih jauh lagi. Mulai dapat melihat dari sudut pandang seorang penulis.
  3. Seorang penulis yang handal mampu membuat sebuat tulisan yang menarik hanya tentang sebuah mesin cuci. Hanya di dalam satu lembar kertas A4 saja! Memang butuh waktu untuk memiliki kemampuan seperti itu. Jadi tuliskan apa saja yang terlintas dibenakmu, itu cara terbaik untuk memulainya.
  4. Kalau sudah Pe De, mungkin anda ingin orang lain bisa membaca apa yang anda tulis. Umumnya orang lebih suka memuji, tapi coba deh meminta mereka untuk lebih jujur. Walaupun pedas, kritikan itu satu-satunya jalan untuk meningkatkan kemampuan. Kalau anda tidak tahu apa yang ada di benak para pembaca, bagaimana anda bisa mendapat umpan balik dari mereka?

Bagaimanapun, menulis itu panggilan hati. Menulis itu kalau anda suka mengerjakannya. Bagi seorang penulis, kadang-kadang perlu sedikit ’suasana’, kecintaan akan apa yang mereka tulis, bahkan untuk hal-hal yang yang tidak disukainya pun, bukan menjadi masalah, selama ada chemistry-nya disana. Kalau anda tetap memaksa untuk menulis, dan pada satu titik anda merasa tidak sanggup lagi, bahkan anda pikir menulis itu hanya menjadi suatu derita saja. Bukan alasan untuk berhenti lho, justru dengan keadaan ini akan memacu anda untuk terus menulis sehingga anda akan dapat menuliskan apa yang anda rasa. Tapi bila sama sekali tidak ada keinginan untuk memulainya, itulah tantangannya!

Harus setia buat selalu mencoba,

Coba....cobaa...., n terrruuuss mencoba.!!! Anda tidak akan bisa menjadi seorang penulis tanpa pernah mencobaa sesuatu dan menuliskannya. lagi pula dengan menulis dapat:
Menghasilkan uang dari menulis
Bila anda menulis artikel dan anda pikir itu cukup bagus untuk ditampilkan, kirimkan saja ke majalah atau koran yang memiliki rubrik khusus mengenai perjalanan. (mungkin koran akhir minggu) bahkan majalah gratis yang biasanya diberikan kepada pembaca.
Bila tulisan anda di publikasikan, itu suatu tonggak sejarah tentunya dapat anda jadikan referensi jadi cobalah untuk berani mempublikasikan beberapa artikel anda. Anda tidak akan pernah tahu, karena bila anda tidak pernah mengirimkannya, jelas tulisan anda tidak akan pernah dipublikasikan.
Ada baiknya mempublikasikan tulisan anda melalui dunia maya, paling tidak tulisan anda dapat menjadi portfolio bagi anda; sebenarnya itu salah satu ide dibalik adanya suatu situs. Pilihlah artikel yang akan dimuat, karena seperti kebanyakan penerbit, mereka tidak akan tertarik pada artikel yang pernah dipublikasikan sebelumnya, dan itu termasuk artikel yang pernah muncul di dalam situs.
Tapi, terlepas dari itu semua, jangan patah semangat, karena kalau anda menyerah, anda tidak akan pernah menjadi seorang penulis yang handal. Jika anda penulis yang baik dan percaya penuh pada kemampuan diri, maka kesempatan akan jauh lebih terbuka daripada hanya berdiam diri saja. Butuh waktu, sedikit keberuntungan dan ketekunan.

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post