English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 19 April 2008

Planet Terkecil Mirip Bumi Ditemukan di Rasi Leo


Tim ilmuwan Spanyol dan Inggris menemukan sebuah planet padat di rasi bintang Leo. Ukuran sedikit lebih besar daripada Bumi dan mungkin planet terkecil yang pernah ditemukan di luar tata surya.

Jari-jarinya diperkirakan sekitar 1,5 kali Bumi. Meski demikian, massanya lima kali lipat Bumi. Sehari di sana atau sekali rotasi setara dengan tiga minggu di Bumi. Planet tersebut berada 30 tahun cahaya dari Bumi.

Hasil simulasi menunjukkan planet yang diberi nama GJ 436c ini mengorbit bintang GJ 436 hanya dalam waktu 5,2 hari dan berotasi dalam 4,2 hari Bumi. Bandingkan dengan berevolusi 365 hari namun berotasi 24 jam. Karena waktu rotasi dan revolusi planet tersebut tidak terpaut jauh, satu hari di sana atau waktu antara siang dan malam tidak tergantung waktu rotasinya, namun hingga 22 hari.

"Ini merupakan planet super-Bumi keempat yang ditemukan," ujar Dr Jean-Phillippe Beaulieu, pakar astrofisika dari University College London Inggris, salah satu peneliti yang melaporkan temuannya itu dalam Astrophysical Journal Letters edisi terbaru. Sebuah planet disebut super-Bumi jika memiliki massa antara satu hingga 10 kali lipat massa Bumi.

Meski demikian, keumngkinan adanya kehidupan di sana seperti di Bumi belum dapat dipastikan. Suhu di permukannya berkisar 127-427 derajat Celcius, namun ada kemungkinan turun hingga 77 derajat Celcius di kutubnya.

Planet tersebut diperkirakan sebagai kembaran planet super-Bumi lainnya, OGLE-2005-BLG-390lb yang ditemukan dengan teknik lensa gravitasi dua tahun lalu. Planet serupa Bumi lainnya adalah Gliese 581b dan Gliese 876d.

Sejauh ini, setidaknya sudah 280 planet ekstrasolar, di luar tata surya, yang telah ditemukan di alam semesta. Kebanyakan merupakan planet gas seperti Jupiter sehingga temuan planet padat termasuk mengejutkan.Dengan keberhasilan ini, Iganis Ribas, peneliti lembaga riset Spanyol CSIC yang memimpin pencarian planet-planet ekstrasolar yakin dapat menemukan planet yang benar-benar mirip Bumi baik ukuran maupun massanya dalam 10 tahun.

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post