English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 19 April 2008

Hampir Seluruh Pantai di Dunia Dicemari Sampah


Pantai dan resort di berbagai penjuru dunia hampir tak ada yang bebas dari pencemaran sampah. Dari bungkus makanan ringan, bungkus rokok, kantung plastik, hingga bekas jaring, semua jenis sampah tersebut tidak hanya mengancam keindahan, namun juga kehidupan liar di sekitar pantai.

Laporan yang dirilis Ocean Conservancy, Rabu (16/4), menyebutkan secara keseluruhan ditemukan 7,2 juta jenis sampah yang mencemari perairan dunia. Sampel tersebut hanya diambil dalam sehari akhir September 2007 lalu melibatkan sukarelawan dari 76 negara berbagai penjuru dunia. Dari 33.000 mil (atau setara 52.800 kilometer) garis pantai yang disurvei, dikumpulkan setidaknya 3.000 ton sampah.

"Ini gambaran dalam sehari, hanya sekilas, namun sudah cukup mengingatkan kita untuk peduli dan sadar bahwa tindakan bersama secara terpisah dapat menghasilkan dampak menyeluruh dan global," ujar Vikki Spruill, presiden Ocean Conservancy.

Dalam aksi tersebut, setiap sukarelawan dari 378.000 orang yang terlibat rata-rata mengumpulkan 91 kilogram sampah setiap mil garis pantai. Daerah paling tecemar sampah adalah di AS karena 195 kilogram sampah terkumpul dari setiap mil garis pantai. Bahrain menyusul dengan 150 kilogram sampah setiap satu mil garis pantai. Untuk setiap satu mil pantai di Kanada, terkumpul 37 kilogram, di Meksiko 78,5 kilogram, di China 32,5 kilogram, dan di Selandia Baru 23 kilogram.

Sampah rokok mendominasi pencemaran pantai. Di antara sampah-sampah tersebut, ditemukan 2,3 juta puntung rokok atau filternya. Selain itu, terdapat 587.827 tas, lebih dari 1,7 juta bungkus makanan, dan sekitar 1,2 juta botol minuman.

Dari sampah yang ditemukan, dapat disimpulan bahwa penyumbang sampah terbesar dari aktivitas rekreasi yakni sekitar 57 persen. Aktivitas merokok menyumbang 33 persen pencemaran pantai, pemancingan menyumbang 6,3 persen, buangan smapah rumah tangga 2 persen, dan kegiatan medis 1 persen.

Selain menghitung volume sampah di pantai, para sukarelawan juga menyurvei dampak terhadap hewan di sekitar laut. Dalam sehari mereka menemukan 81 ekor burung, 63 ikan, 49 hewan tak bertulang belakang, 30 mamalia, 11 reptil dan 1 amfibi yang terjerat smapah, terjebak dalam kaleng, dan gangguan lain yang ditimbulkan sampah.

Dengan kenyataan seperti ini apakah kita akan membiarkan sampah terus mencemari pantai?(

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post