English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 19 April 2008

Awan Buatan Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan


Awan yang berarak di langit seringkali kita bayangkan sebagai bentuk tertentu, entah itu bentuk hewan, mobil, kuda, atau muka orang. Ilusi yang membuat orang berkhayal seperti itu dalam waktu dekat dimanfaatkan sebuah perusahaan menjadi media iklan baru.

Sebuah perusahaan di AS telah mengembangkan teknologi yang dapat meniru awan bahkan membentuknya sesuai keinginan. Strukturnya memang beda dengan awan alami namun sama-sama ringan dan melayang di udara. Awan buatan tersebut pada dasarnya terbentuk dari gelembung-gelembung udara seperti gelembung sabun yang saling menempel dan tahan lama.

Perusahaan tersebut membuat mesin yang dapat mencetak gelembung-gelembung tersebut dan membentuk sesuai permintaan, apakah itu logo perusahaan atau maskot seperti kepala Mickey Mouse. Setiap objek yang diberi nama Flogo ini berukuran panjang maksimal 60 centimeter dan lebar 30 centimeter. Setiap flogos bisa tahan di udara antara beberapa menit hingga satu jam tergantung kondisi atmosfer.

"Mereka bisa terbang berkilo-kilometer, karen amasng-masing tahan lama," ujar Fransisco Guerra, penemu teknologi flogo. Setipa flogo dapat terbang hingga ketinggian rata-rata antara 90 hingga 150 meter meskipun secara teori bisa tahan sampai 6.100 meter.Guerra memastikan bahan yang dipakai aman bagi lingkungan dan tidak membahayakan penerbangan. Namun, tentu saja warna objek yang dapat dibentuk flogo hanya putih.

Alat pembuatnya dapat menghasilkan flogo setiap 15 detik sekali. Perusahaan yang berminta menggunakannya dapat menyewa seharga 2500 dollar AS

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post