English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Jumat, 28 Maret 2008

Salju Pertama di Irak dalam 100 Tahun

Untuk pertama kalinya dalam 100 tahun terakhir salju turun di Kota Baghdad, Irak. Perubahan iklim dituduh sebagai biangnya.

Butiran-butiran salju halus turun di ibukota Irak tersebut Jumat (11/1) pagi sejak sebelum fajar dan berlangsung hingga lebih dari jam 9.00 waktu setempat. Namun, salju tak sempat tertimbun karena segera meleleh begitu menyentuh tanah.

Peristiwa langka ini terjadi saat suhu udara turun hingga nol derajat Celcius bahkan di bawahnya. Turunnya salju juga dirasakan di bagian barat dan tengah Irak.

"Salju telah turun di Baghdad untuk pertama kalinya setelah sekitar seabad sebagai akibat pertemuan dua aliran angin," rilis Departemen Meteorologi Irak. Aliran angin yang dingin dan kering bertemu dengan angin yang hangat dan lembab bertemu di atas wilayah Irak.

Dawood Shakir, Kepala Departemen Meteorologi Irak, seperti dikutip AFP, mengatakan perubahan iklim global mungkin penyebab terjadinya cuaca ekstrim ini. Salju biasa turun di Irak namun hanya di wilayah pegunungan bagian utara yang dihuni suku Kurdi.

Sepanjang sejarah, Kota Baghdad belum pernah diselimuti salju. Akankah suatu saat nanti?

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post