English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Jumat, 28 Maret 2008

Perilaku Hiu Bisa Prediksi Badai

Untuk memprediksi terjadinya badai, perilaku hiu mungkin bisa dijadikan ukuran. Hewan tersebut memiliki kemampuan mendeteksi perubahan tekanan yang sangat baik sehingga diyakini mampu mengetahui prekursor atau pemicu terjadinya badai.

Begitulah kesimpulan tesis Lauren Smith (24), yang segera menyelesaikan program doktor di Universitas Aberdeen. Jika teorinya benar, tanda-tanda badai besar mungkin dapat diprediksi lebih dini sehingga jatuhnya korban jiwa dapat ditekan.

"Saya sangat senang dapat mengeksplorasi bidang ini untuk PhD saya, apalagi ini untuk pertama kalinya bidang ini dipelajari dengan lengkap," ujarnya. Menurutnya masih banyak hal yang harus dipelajari lebih lanjut, namun temuan ini setidkanya menjadi pembuka bagi penelitian-penelitian berikutnya.

Riset yang dilakukan Smith didasari penelitian sebelumnya di Florida yang menunjukkan bahwa anak-anak hiu berpunggung garis menyelam ke dalam perairan lebih dalam di sekitar lokasi terjadinya badai Gabrielle tahun 2001. Untuk mempelajari lebih lanjut, Smith mengamati perilaku hiu di alam dipelajari melalui studi lapangan dilakukan di Stasiun Lapangan Biologi Bimini. Hiu dipasangi alat ukur tekanan, suhu, akustik, dan pelacak GPS pada beberapa hiu lemon.

Penelitian juga dilakukan pada hiu lemon di dalam akuarium khusus Pusat Hyberbarik Nasional di Universitas Aberdeen. Tekanan di ruang akuarium dapat bebas diatur sehingga menyerupai perbahan tekanan yang terjadi di laut dan sekitarnya. Di ruangan tersebut, ia dapat mengamati perubahan perilaku hiu akibat pengaruh gelombang permukaan, perubahan suhu, dan tekanan

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post