English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Sabtu, 29 Maret 2008

Mumi Dinosaurus Dipelajari di Museum Houston



Fosil dinosaurus yang masih mengandung jaringan kulit dan daging dibawa ke Museum Sains Alam Houston, Texas, AS untuk dipelajari. Fosil tersebut juga akan dipamerkan untuk pertama kalinya kepada publik.

Sebagian organ, jaringan kulit, dan dagingnya mengeras bersama tulang-belulangnya sehingga para arkeolog menyebutnya sebagai mumi. Fosil yang ditemukan di Malta tahun 2000 itu berasal dari spesies Brachylophosaurus, dinosaurus yang memiliki paruh seperti bebek. Usianya diperkirakan 77 juta tahun.

Sejak ditemukan, spesimen yang diberi nama Leonardo itu disimpan sementara di bekas toko otomotif yang disulap menjadi Dinosaur Field Station. Ia akan menjadi koleksi unggulan Museum Dinosaurus Great Plains, sebuah museum baru yang akan dibuka di Malta pada 6 Juni 2008.

Namun, Leonardo belum akan dipamerkan di Malta sampai lebih dari setahun ke depan karena masih dipelajari di Texas. Fosil tersebut akan dikirim ke Texas pada Maret 2008 menggunakan kotak khusus yang dilapisi kantong udara untuk menjaga keutuhannya.

"Berat melepas Leonardo, banyak orang datang ke sini hanya untuk melihat Leonardo," ujar Dixie Stordahl, manajer Dinosaur Field Station. Namun, hasil penelitian akan memberikan pengaruh lebih baik dalam jangka panjang.

Sejauh ini, para ilmuwan telah menggunakan pemindai sinar-X untuk melihat struktur lidah Leonardo, sayap dan perutnya. Di Museum Houston, alat pemindai tomografi (CT scan) berukuran besar milik NASA akan dapat melihat seluruh bagian organnya lebih detil.

Proses pemindahan dan penelitian terhadap fosil Leonardo untuk mengungkap kehidupannya di masa lalu akan difilmkan Discovery Channel. Sedangkan seluruh penadanaan akan dikelola Judith River Foundation yang berharap dapat mengumpulkan sumbangan hingga 3 juta dollar AS untuk merampungkan penelitian dan dokumentasi Leonardo.

Sebelumnya, mumi dinosaurus juga ditemukan dari spesies lainnya, misalnya spesimen Dakota yang ditemukan di Dakota Utara tahun 1999. Fosil tersebut berusia lebih muda dari Leonardo karena berusia 67 tahun.

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post