English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Jumat, 28 Maret 2008

Ditemukan Lagi Fosil Gading Gajah Purba di Patiayam

Selama November 2007 hingga awal Maret 2008, tim Balai Arkeologi Jogjakarta atau BAJ dan sebagian warga menemukan dan menggali beberapa jenis fosil di situs Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penemuan terbaru berupa dua fosil gading gajah purba (Stegodon trigono chepalus sp) oleh Mustakim (25) dan Karmijan (45), warga Desa Terban.

Fosil pertama berukuran panjang 2,70 meter dengan lingkar pangkal 61 sentimeter dan lingkar ujung 28 sentimeter. Fosil kedua berukuran panjang 2,25 meter, lingkar pangkal 51 sentimeter, dan lingkar ujung 15 sentimeter.

Menurut juru pelihara situs Patiayam, Mustofa, Minggu (9/3), sejak adanya laporan penemuan dua fosil gading gajah, dibutuhkan waktu sekitar empat hari empat malam untuk menjaga lokasi penemuan fosil itu agar tidak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab.

Selain dua fosil gading gajah, menurut Mustofa, di lokasi yang sama juga ditemukan fosil geraham, tulang paha, tulang bahu, dan beberapa bagian dari fosil binatang purba. Namun, penemuan-penemuan itu masih dibiarkan di lokasi karena takut rusak ketika hendak digali dan diangkat dari dalam tanah.

Kepala BAJ Siswanto menyatakan akan melanjutkan penelitian dan penggalian di sekitar situs. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kudus Brata Subagya, yang didampingi Kepala Seksi Museum Sejarah Kepurbakalaan Sancaka Dwi Supani, mengatakan akan meningkatkan pengamanan di sekitar situs.Langkah ini dilakukan agar lokasi situs tidak dirusak oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Rusaknya situs bisa menyebabkan hilangnya sejumlah barang berharga serta terganggunya rangkaian penelitian dari fosil-fosil berharga yang ditemukan di sekitar situs tersebut

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post