English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

rss

Jumat, 28 Maret 2008

Danau-danau Antartika Simpan Tanda-tanda Perubahan Iklim

Ilmuwan-ilmuwan Inggris sedang mempelajari karakteristik danau-danau yang ditemukan di bawah lapisan es Antartika untuk mencari tanda-tanda terjadinya perubahan iklim.

Sejauh ini, sudah 150 buah danau yang ditemukan di bagian paling selatan Planet Bumi ini. Danau-danau tersebut diyakini menyimpan bukti-bukti terjadinya perubahan iklim dari waktu ke waktu sehingga dapat dipakai untuk mempelajari proses perubahan iklim global saat ini.

Salah satu danau yang menarik perhatian para peneliti adalah Danau Ellsworth. Pengukuran awal menunjukkan bahwa danau tersebut berkedalaman hingga 105 meter.

"Kami tertarik secara khusus terhadap Danau Ellsworth karena danau tersebut telah terisolasi dari permukaan selama ratusan ribu tahun," ujar Martin Siegert dari Universitas Edinburgh, Inggris.

Selain itu, hasil penelitian pendahuluan juga memperlihatkan bahwa air di danau tersebut mungkin saling berhubungan dengan perairan bebas. Pencairan es di sekitarnya mungkin mengalir ke lautan sehingga memicu kenaikan muka air laut.

"Jika survei berhasil dengan baik, tahap berikutnya adalah membuat alat ukur, mengebor ke dasar danau, dan memeplajari sampel airnya," ujar Andy Smith, seorang pakar es kutub dari British Antartic Survey yang memimpin sejumlah ilmuwan

0 komentar:


Posting Komentar

 

counter

Recent Comment

Recent post